Jumat, 01 Desember 2023

Badan Kebijakan Transportasi Selenggarakan Rapat Sinkronisasi Kebijakan di Bidang Transportasi

 


AJITRIOPAMUNGKAS.blogpsot.com - Badan Kebijakan Transportasi menyelenggarakan Rapat Sinkronisasi Kebijakan di Bidang Transportasi, Jumat (1/12/2023). Acara yang dilaksanakan secara hybrid  ini berlangsung pukul 09.00 - 17.00 WIB di Ruang Ballrom, Grand Zuri Hotel, Dumai, . Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan landasan pengaturan di bidang transportasi yang dapat memberikan kepastian hukum yang memadai bagi penyelenggaraan layanan transportasi secara efisien dan efektif.

Kegiatan Sinkronisasi Kebijakan di Bidang Transportasi didasari oleh banyaknya peraturan perundang-undangan di Indonesia yang belum sinkron dalam implementasinya, khususnya sektor transportasi. Sebagai fase awal dari proses suatu peraturan kebijakan, maka kegiatan sinkronisasi kebijakan di bidang transportasi memegang peran penting yang akan memberikan pengaruh signifikan terhadap keberhasilan penerapan kebijakan/program pembangunan sektor transportasi di masa depan.

Kegiatan Sinkronisasi Kebijakan di Bidang Transportasi ini mengundang sejumlah stakeholder baik unsur pemerintahan (regulator), pelaku jasa maupun stakeholder lainnya, seperti Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, BPSDM Perhubungan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Instansi Pemerintah Daerah, serta Operator Transportasi dan Asosiasi.

Acara yang dimoderatori oleh Dr. Endang Puji Lestari, S.H., M.H. selaku Kepala Bidang Kebijakan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kabid LLATP) dibagi menjadi 2 (dua) sesi, yaitu sesi 1 (pemaparan dari narasumber) dan sesi 2 (pemaparan internal Kementerian Perhubungan).  

Hasil pembahasan sinkronisasi kebijakan di bidang transportasi kemudian akan disampaikan kepada Kementerian Perhubungan untuk ditindaklanjuti. Diharapkan melalui forum diskusi ini dapat menjaga sinergitas lintas stakeholder dan nilai manfaat dari suatu kebijakan maupun program pembangunan yang nanti akan dilaksanakan di daerah.

Aji Trio Pamungkas

Author & Editor

Policy Analyst at Transportation Policy Agency of Ministry of Transportation