Kamis, 04 Januari 2024

Kementerian Perhubungan Tutup Posko Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, Total Tercatat 126 Juta Perjalanan

AJITRIOPAMUNGKAS.blogspot.com - Bapak Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan resmi menutup Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Kamis (4/1/2024).

Meningkatnya pergerakan masyarakat pada periode Natal dapat diprediksi sebelumnya dan terlaksana dengan  aman, nyaman dan tanpa kendala. Hal ini dicapai melalui koordinasi dan kolaborasi yang baik dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk kementerian/lembaga, operator transportasi dan jalan tol, media, dan masyarakat.

Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan operator telekomunikasi untuk mengetahui jumlah orang yang bepergian selama  libur Natal. Berdasarkan  hasil agregat mobile positioning data (PMD) yang dilakukan sejak 16 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, terdapat 126 juta pergerakan luar provinsi dan dalam provinsi.

Menurut Menteri Perhubungan, hasil tersebut tidak jauh berbeda dengan perkiraan mobilitas masyarakat Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan sebanyak 107 juta orang. “Kami akan terus melakukan upaya untuk lebih tepat dalam pergerakan orang dari satu titik ke titik lain sehingga dapat kami tangani dengan lebih baik,” kata Menhub.

Dari hasil pemantauan ini terlihat bahwa pergerakan masyarakat selama masa Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat untuk bepergian di akhir tahun yang juga bersamaan dengan masa liburan sekolah. Penyediaan sarana dan prasarana angkutan umum yang sudah lebih baik, juga memberikan kenyamanan pada masyarakat dalam bepergian. Namun demikian, walaupun terjadi peningkatan jumlah perjalanan, angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan. Hal ini tentu tak lepas dari sinergitas yang baik antar pemangku kepentingan dan juga meningkatnya kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Diharapkan di masa mendatang giat antisipasi dan mitigasi terhadap kecelakaan dapat lebih baik lagi.

Aji Trio Pamungkas

Author & Editor

Policy Analyst at Transportation Policy Agency of Ministry of Transportation