Sabtu, 01 Juni 2024

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kementerian Perhubungan Tahun 2024

 

AJITRIOPAMUNGKAS.blogspot.com - Sebanyak 560 CPNS Kementerian Perhubungan mengikuti Pelatihan Dasar CPNS Gelombang I secara tatap muka (klasikal) di Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan (PPSDMAP) Bogor, Senin (26/5/2024). Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS di PPSMAP Bogor bertujuan membentuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional dan berkarakter. Latsar ini terbagi menjadi 8 gelombang yang berlangsung dari 26 Mei s.d. 13 September 2024. Gelombang I dilaksanakan pada 26 Mei s.d. 1 Juni 2024.

Sebelumnya, peserta Latsar Gelombang I telah melaksanakan Pembangunan Karakter CPNS pada 4 s.d. 10 Februari 2024 di Balai Pendidikan Pelatihan Pembangunan Karakter SDM Transportasi (BP3KSDMT) Ciwidey, Bandung.

Dalam pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS di PPSDMAP Bogor ini peserta mendapatkan pembelajaran dari Pengajar dan Pelatih yang berasal dari Tim Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan. Adapun materi yang diajarkan pada Latsar tersebut yaitu sebagai berikut:
  • Agenda I tentang Sikap Perilaku Bela Negara;
  • Agenda II tentang Nilai-nilai Dasar PNS; dan
  • Agenda III tentang Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI.
Tidak hanya itu, peserta Latsar melaksanakan evaluasi hasil aktualisasi yang diseminarkan bersama Coach, Mentor, dan Penguji. Hasil aktualisasi merupakan penerapan nyata dari pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang telah dipelajari selama tahap pembelajaran mandiri dan distance learning yang dapat memberikan dampak positif di instansi tempat bekerja.

Pelatihan ini tidak hanya fokus pada aspek teknis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan pemahaman mendalam tentang peran dan kedudukan PNS dalam NKRI. Dengan demikian, diharapkan para peserta mampu menjadi PNS yang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik demi kemajuan bangsa dan negara.

=== Nitip Foto ===





Aji Trio Pamungkas

Author & Editor

Policy Analyst at Transportation Policy Agency of Ministry of Transportation