Selasa, 18 Juli 2023

Alhamdulillah, Unofficially S.Tr.Tra.

 

Orang dalam foto : Aji Trio Pamungkas

AJITRIOPAMUNGKAS.blogspot.com - Alhamdulillah, atas izin Allah dan rida orang tua akhirnya saya bisa menyelesaikan sidang skripsi untuk meraih gelar Sarjana Terapan Transportasi (S.Tr.Tra.), Selasa (18/7/2023). Pencapaian ini saya persembahkan untuk orang-orang yang saya sayangi terutama orang tua saya.

Salah satu syarat wajib bagi seorang taruna/mahasiswa semester akhir adalah melakukan penelitian yang dituangkan dalam tulisan (skripsi). Penyusunan skripsi bukan perkara yang dianggap mudah karena membutuhkan kebenaran data dan ketelitian tingkat tinggi. Tidak jarang seseorang dibuat stres karenanya.

Mulai dari pencarian dosen pembimbing, pencarian judul, membuat latar belakang yang kuat, menentukan tujuan, menentukan metode yang akan digunakan dan sebagainya. Semua itu dituangkan dalam proposal skripsi lebih dulu. Masa-masa ini menjadi langkah awal dan penentu jalannya penelitian pada sebuah skripsi.

Selama proses penyusunan skripsi, banyak hal-hal tak terduga yang kerap kali membuat seseorang hilang semangat. Namun, berkat ketekunan dan dukungan dari keluarga membuat saya dapat menyelesaikannya.

Saya ucapkan terima kasih kepada teman saya kelompok Magang 1 di Kota Bekasi, M. Nafil Rosyad Firdaus, karena telah membantu menemani dan mendokumentasikan pelaksanaan survei saya. Saya ucapkan terima kasih juga untuk kakakku, Agus Prasetio, yang telah menjemput saya di terminal Pulo Gebang dini hari, menumpang tinggal di Jakarta, meminjamkan sepeda motornya, selama pelaksanaan survei saya yang kedua. Terima kasih juga untuk bapak dan ibu saya yang telah memberikan dukungan moral dan materiel sehingga saya dapat menyelesaikan pendidikan di sini.

Tidak lupa juga untuk teman-teman sekamarku yang telah bersama-sama berjuang selama menempuh pendidikan dan membuat cerita di sini. Tinggal 1 bulan lagi kita di sini, setelah itu takdir yang akan menyatukan atau memisahkan.


Menuju wisuda lokal dan wisuda terpadu 2023

Aji Trio Pamungkas

Author & Editor

Policy Analyst at Transportation Policy Agency of Ministry of Transportation