Senin, 29 April 2019

Kisah Klasik SMANSA (SMA Negeri 1 Brebes) Tahun 2019

TEGAL, AJITRIOPAMUNGKAS.blogspot.com - Kisah Klasik SMANSA atau biasa disingkat KKS merupakan acara wisuda bagi calon alumni SMA Negeri 1 Brebes. KKS dilaksanakan sebagai peresmian atau pelantikan yang dilakukan dengan upacara khidmat pelepasan siswa dari pihak sekolah kepada orang tua masing-masing. Acara ini bertempat di Shangri La Sand Convention Hall Tegal pada Minggu, 28 April 2019. Lebih dari 600 orang menghadiri acara ini yang terdiri dari siswa, orang tua siswa, panitia, dan guru SMA Negeri 1 Brebes serta bupati Brebes. Siswa perempuan dan orang tua (ibu) menggunakan pakaian kebaya, orang tua (bapak) menggunakan pakaian batik, sedangkan siswa putra menggunakan jas hitam berdasi.

Sekitar pukul 07.30 WIB halaman Hotel Shangri-La Tegal sudah ramai didatangi oleh calon-calon wisudawan. Semua berbaris berbanjar sesuai dengan kelas dan nomor absennya masing-masing sebelum memasuki ruangan. Sedangkan para orang tua siswa dipersilakan memasuki ruangan terlebih dahulu.

Baru kemudian pukul 09.00 WIB semua siswa memasuki gedung dengan membentuk barisan 2 banjar memanjang secara tertib dan menempati tempat duduk di bagian belakang sesuai nama. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai pihak dan pembacaan peringkat 5 besar paralel kelas IPA dan IPS.

Prosesi pengalungan atau pemberian samir dilakukan oleh wali kelas masing-masing kepada siswa bersama orang tua di atas panggung. Satu per satu nama siswa dibacakan. Kemudian siswa menempati tempat duduk orang tuanya duduk begitu pun sebaliknya. Sehingga posisi siswa berada di meja depan dan orang tua duduk di bagian belakang. 

Acara berlangsung dengan berbagai hiburan seperti paduan suara, menyanyi solo, tarian tradisional, kolaborasi tonsus dan band, dan sebagainya. Sorotan lampu-lampu spotligh yang menghiasi ruangan juga menambah takjub seisi ruangan. Indah, mewah, meriah, luar biasa, itulah kata-kata yang mungkin terucap dalam hati semua orang di ruangan tersebut.

Acara KKS selesai sekitar jam 2 siang. Di akhir acara ini, kami tak mau kehilangan momen berhaga. Kami sempatkan untuk mengabadikan momen ini dengan foto bersama. Namun sekali lagi, sayangnya tidak semuanya ada dalam foto ini.

Teruntuk kawan seperjuanganku yang mungkin saja membaca postinganku ini, dimana pun kalian berada, semoga sehat selalu, semoga kalian bisa menjadi orang-orang yang sukses kawan, semua perjuangan yang telah kita lakukan di masa SMA ini akan menjadi kisah klasik yang bisa kita ceritakan di masa depan. Selamat melanjutkan jalan hidup kawanku, sampai jumpa di masa depan. ❤

Aji Trio Pamungkas

Author & Editor

Policy Analyst at Transportation Policy Agency of Ministry of Transportation